Selasa, 26 Maret 2013

TIPS MENGHINDARI PENIPUAN BELANJA DI DUNIA MAYA

Belakangan ini sering kali kita mendengarka berita penipuan berkedok Toko Jual Beli Online di dunia maya, dan bahkan pelakunya sendiri sering kali sulit untuk ditangkap dan mendapat ganjaran yang setimpal atas apa yang telah mereka perbuat. Sebenarnya kejadian seperti itu adalah sebagian kecil dari kejahatan di dunia maya.

Yang mana hal ini sangat meugikan bagi para Konsumen dan para pemilik toko ONLINE yang benar-benar merintis Usahanya dibidang Jual Beli Online. Sesungguhnya masih banyak sekali para USER yang JUJUR dan benar-benar menggulati Usaha di bidang ini.


Berikut ini saya akan membagikan beberapa TIPS untuk menghindari kejadian PENIPUAN yang saya ambil dari beberapa media


Salah satu modus penipuan di dunia maya adalah BELANJA ONLINE. Seperti HUKUM Dagang, semakin populernya Belanja ONLINE dikalangan masyarakat di dunia maya berimbas kepada semakin suburnya Penipuan di dunmay.

Di AUSTRALIA dua tahun lalu, satu dari 15 orang  pembeli online telah menjadi korban  penipuan KARTU KEDIT DAN DEBIT online. Dan jumlah kehilangan bertambah meningkat 50% sekitar US$278 juta. Yang mana jumlah ini masih lebih baik jika dibanding dengan kondisi di INGGRIS dan negara Adi Daya  USA , berdasarkan data bahwa satu dari 10 pembeli Online menjadi korbannya.


Menurut STEVEN MUNCHENBERG, Chief Executive Australian Bankers' Association ( ABA ) "Kemajuan TEKNOLOGI dan perubahan SISTEM pola Pembayaran konsumen menjadikan perubahan dalam pola perilaku kejahatan".

Sedangkan BANK dan para Peritel terus menerus merespon kejahatan penipuan itu dengan berbagai macam Perangkat Lunak yang terus lebih baik untuk mendeteksi penipuan belanja secepat mungkin.

meskipun demikian, ada beberapa cara sederhana yang bisa kita lakukan agar tehindar dari penipuan ini

1. RAHASIAKAN SELALU PIN ANDA

Jangan pernah mengungkapkan PIN ataupun NOMOR REKENING anda secara DETAIL. Jika anda terlibat dalam PENIPUAN, uang anda yang hilang bisa dikembalikan oleh pihak BANK. Tapi dalam ELECTRONIC FUND TRANSFER CODE OF CONDUCT dijelaskan kewajiban itu bisa  menjadi hilang bila anda ketahuan menunjukkan NOMOR PIN dan PASSWORD anda. Sebagian besar kasus yang terjadi kehilangan itu dilakukan dalam transaksi tanpa PIN ketika pemilik CREDIT CARD dan RETAILER tidak bertemu langsung.

2. SEDIAKAN ANTI-VIRUS TERPERCAYA SEBELUM KEBOBOLAN

Instal dan pergunakanlah Perangkat Lunak ( SOFTWARE ) ANTIVIRUS yang terpercaya dan pastikanlah selalu mengupdatenya.
Anda juga memerlukan ANTISPYWARE dan FIREWALL yang terbaik . Kebanyakan sistem operasi GADGET  telah menyertakannya didalam DEVICE dan pastikan semuanya telah anda AKTIFKAN.

3. JANGAN MERESPON EMAIL SPAM

Hapus secepatnya EMAIL pendek ataupun PESAN PENDEK SPAM dan jangan sampai meresponya. Kebanyakan orang memang telah paham penipuan yang umum, misal anda mendapat undian atau mendapat imbalan (komisi) bila membantu seseorang yang mengalami masalah keuangan. Yang tidak biasa  adalah sebuah pesan (EMAIL) permintaan untuk memperbaharui detail akun anda.

4, SELALU GUNAKAN SISTEM PEMBAYARAN YANG TERPERCAYA

Selalu gunakan sistem pembayaran semisal lewat PAYPAL.COM atau yang sejenisnya untuk bertransaksi lewat internet atau kartu kredit dan kartu debit yang mempunyai LIMIT rendah waktu melakukan transaksi online.

5. PIN SANDI PASWORD atau KATA KUNCI JANGAN SAMPAI BOCOR

Amankan password email anda untuk mencegah pencurian pengambilan informasi dan menciptakan ID palsu dengan email anda. Jangan sampai lupa cek dan ubahlah password anda secara berkala.

6. SELALU CEK TRANSAKSI YANG BARU SAJA ANDA LAKUKAN

Usahakanlah secepat mungkin mengecek transaksi begitu anda menerima barang. Bila anda jadi KORBAN penipuan Online, jangan panik. Segera laporkan ke pihak berwenang yakni POLISI dan BANK anda secepatnya. Demi menjaga keamanan dan kerugian yang tidak anda inginkan dalam jangka yang panjang.


Demikian tips dari saya. Semoga kita semua tidak menjadi korban penipuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

DISINI SAYA HANYA MERANGKUMKAN BERITA2 YANG MENURUT SAYA MENARIK JADI BAGI PARA PEMBACA SILAHKAN KASIH KOMENTAR N USULANYA